Selasa, 02 Maret 2010

PERWUJUDAN VISI DAN MISI

Pasca Reformasi banyak perubahan mendasar yang dilakukan organisasi POLRI. Tumbuh dan berkembang kesadaran akan pentingnya membangun citra dan kepercayaan publik bagi Polri, tidak saja ditunjukkan sebagai pemburu kejahatan (crime hunter) namun sekarang lebih cenderung selaku pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat (publik service).
Dalam rangka proses perwujudan visi dan misinya maka untuk membangun kepercayaan masyarakat (Trust Building) telah digulirkan :

a. Program ”Quick Wins”
Program ”Quick Wins” terdiri dari 4 progam, yaitu :
1. Quick respon patroli samapta (cepat tanggap melayani permasalahan masyarakat);
2. Transparansi dalam Penyidikan Tindak Pidana Melalui Peberian SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan);
3. Transparansi dalam pengurusan dan Penerbitan SIM, STNK, dan BPKB;
4. Transparansi dalam melakukan Rekrutmen Anggota Polri (AKPOL, PPSS/Perwira Polisi Sumber Sarjana, dan BINTARA).
Program tersebut merupakan Tahap I dari perumusan Grand Strategi Polri 2005-2025. yang dicanangkan harus sudah dapat dicapai pada tahun 2010, kemudian dilanjutkan ke tahap II Partnership Building / kerjasama yang erat dengan berbagai pihak (2010-2014) serta tahap III Strive For Excellence/pelayanan public yang unggul dan dipercaya masyarakat (2016-2025).

b. Komitmen moral dalam rangka reformasi Birokrasi Polri implementasi nyata, Polri pada hari Jumat, tanggal 29 Mei 2009, Polri mendeklarasikan Komitmen Moral yang terdiri dari 9 poin, yang pada intinya berisikan bahwa Polri dengan penuh kesadaran bersepakat untuk senantiasa melaksanakan tugas pokok, fungsi dan perannya dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab. Polri siap mewujudkan suasana kerja yang transparan, nyaman, efisien, efektif, adil, profesional dan akuntabel, mengaktualisasikan etika kepemimpinan yang adil dan jujur, yaitu :

KOMITMEN MORAL DALAM RANGKA REFORMASI BIROKRASI POLRI

Kami anggota Polri dengan penuh kesadaran dan kesungguhan bersepakat untuk senantiasa :

1. melaksanakan tugas pokok fungsi & peranan dengan penuh dedikasi & tanggung jawab yang tinggi kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, masyarakat, bangsa & negara.
2. mewujudkan suasana kerja yg transparan, nyaman, efisien, efektif, adil, profesional & akuntabel.

3. menjamin pemimpin yg selalu memegang teguh & mengaktualisasikan etika kepemimpinan dengan menampilkan diri sebagai sosok pelayan yang jujur, berani, adil, bijaksana, transparan, terbuka, tauladan, kreatif, inovatif, kooperatif, & mengutamakan kepentingan anggota serta soliditas institusi.
4. Menjadi staf/pelaksana yang memegang teguh etika staf dengan menampilkan diri sebagai insan bhayangkara yg santun, ramah, empati, berkemanusiaan, adil, terbuka, ikhlas, jujur, loyal, setia, komunikatif, tanggung jawab & mengutamakan kepentingan masyarakat.
5. Menampilkan perilaku yang tegas, humanis, menghormati & menjunjung tinggi harkat & martabat manusia dengan menghindarkan diri dari perbuatan yg merugikan, membebani, meminta imbalan dlm bentuk apapun kepada masyarakat.
6. Menjaga kehormatan dan harga diri dengan tidak melakukan kolusi korupsi nepotisme serta berbagai bentuk penyalahgunaan wewenang lainnya.
7. Melayani masyarakat dengan penampilan fisik yang pantas disesuaikan dengan panggilan tugas.
8. Menjunjung tinggi hukum & hak asasi manusia serta norma-norma yg berlaku di masyarakat, menerapkan diskresi dengan penuh rasa tanggung jawab dan dilandasi hati yang bersih serta jiwa yg tulus.
9. Merespons kesulitan & membantu memecahkan masalah sosial dlm masyarakat dengan cepat merupakan perbuatan yg mulia dan luhur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar